20 Pengertian Bangsa Secara Umum & Menurut Para Ahli

Secara kodrati, manusia adalah makhluk yang memiliki kecenderungan untuk hidup dalam kebersamaan. Manusia adalah makhluk yang mencari kesempurnaan dirinya dalam tata hidup bersama. Manusia lahir, tumbuh, berkembang, dan menjadi insan dewasa bersama manusia lain. Hanya dalam lingkup tata hidup bersama kesempurnaan manusia akan menemukan pemenuhannya.

Nilai kehidupan manusia hanya mungkin terjadi dalam hal kebersamaan dengan manusia lain. Makna nilai hidup bersama akan tertuang secara nyata jika manusia mengakui keberadaan sesamanya. Selain itu, perkembangan sebuah kepribadian akan mencapai pemenuhannya jika manusia mampu menerima kehadiran sesamanya.

Hubungan kerja sama manusia yang ada akan membentuk suatu masyarakat sehingga akhirnya terbentuk suatu bangsa. Oleh karena itu, semua manusia adalah bagian dari suatu bangsa. Dalam kehidupan bermasyarakat, kita mengenal adanya istilah bangsa. Kita hidup di masyarakat dan menjadi bagian dari suatu bangsa. Lalu tahukah kalian apa itu bangsa? Berikut penulis uraikan pengertian bangsa secara umum dan definisi bangsa menurut para ahli.

Pengertian Bangsa Secara Umum
Istilah bangsa merupakan terjemahan dari kata Nation (bahasa Inggris). Sementara itu, kata Nation berasal dari bahasa Laltin natio yang artinya sesuatu telah lahir. Kata itu bermaksa keturunan, kelompok orang yang berada dalam satu garis keturunan. Seiring perkembangan zaman, maka pengertian bangsa juga mengalami perkembangan. Pada awalnya bangsa hanya diartikan sekelompok orang yang diliharikan pada tempat yang sama.

Dari sudut pandang tanah air, Nation dalam bahasa Indonesia, diistilahkan bangsa, yaitu orang-orang yang bersatu karena kesamaan keturunan. Sebaliknya, dalam arti bahasa Inggris dapat dicontohkan seperti wangsatrah (Jawa), dan marga (Batak), misalnya wangsa Syailendra, trah Mangkunegara, marga Sembiring. Mereka menjadi satu bangsa karena berasal dari keturunan yang sama.

Dari uraian definisi dan asal kata bangsa di atas, maka kita ambil kesimpulan mengenai pengertian bangsa secara umum, yaitu sebagai berikut.
Bangsa adalah kelompok masyarakat yang diwujudkan bentuknya oleh sejarah yang memiliki unsur yaitu adanya kesatuan bahasa, daerah, ekonomi, dan satu kesatuan jiwa serta unsur-unsur tersebut terlukis dalam kesatuan budaya.

Pengertian Bangsa Menurut Para Ahli
Istilah Nation atau bangsa mulai populer sekitar tahun 1835. Pada saat itu istilah bangsa mulai sering diperdebatkan dan dipertanyakan. Hal ini menimbulkan munculnya berbagai teori tentang pengertian bangsa. Pengertian bangsa disampaikan oleh tokoh-tokoh berikut.
hakekat atau pengertian bangsa
Pengertian Bangsa Menurut Otto Van Bauer
Dalam buku yang berjudul “The Austrian: A Thousand-year Oddessey” karangan Gordon (1996), Otto Bauer mengatakan bahwa bangsa merupakan sekelompok manusia yang memiliki persamaan karakter atau perangai yang timbul karena persamaan nasib dan pengamalan sejarah budaya yang tumbuh dan berkembang bersama bangsa tersebut. Dalam istilah Jerman, bangsa adalah suatu Character Gemeinschaft (persamaan nasib atau karakter).

Pengertian Bangsa Menurut Ernest Renant
Dalam bukunya yang berjudul La Reforme Intellectuelle et Morale (1929), Ernest Renant berpendapat bahwa bangsa adalah kesatuan jiwa. Jiwa yang mengandung kehendak untuk bersatu, orang-orang merasa diri satu dan mau bersatu. Dalam istilah Perancis, bangsa adalah Ledesir detre ensemble(keinginan untuk hidup bersama). Bangsa dapat terdiri atas ratusan, ribuan, bahkan jutaan manusia, tetapi sebenarnya merupakan kesatuan jiwa. Apabila semua manusia yang hidup di dalamnya mempunyai kehendak untuk bersatu maka sudah merupakan satu bangsa.

Pengertian Bangsa Menurut Hans Kohn
Menurut Hans Kohn dalam bukunya yang berjudul “Nationalsim and Liberty: The Swiss Example” (1956), bangsa diartikan sebagai hasil tenaga hidup manusia dalam sejarah dan karena itu selalu bergelombang dan tak pernah membeku. Suatu bangsa merupakan golongan yang beraneka ragam dan tidak bisa dirumuskan secara eksak. Kebanyakan bangsa memiliki berbagai faktor obyek tertentu yang membedakannya dengan bangsa lain. Faktor-faktor itu berupa persamaan keturunan, wilayah, bahasa, adat istiadat, kesamaan politik, perasaan, dan agama.

Pengertian Bangsa Menurut Hans Kohn
Menurut Jalobsen dan Lipman dalam buku “Politics: Individual and State” karya Robert Wesson (1998), bangsa adalah suatu kesatuan budaya (cultural unity) dan satu kesatuan politik (political unity).

Pengertian Bangsa Menurut Benedict Anderson
Benedict Anderson dalam bukunya yang berjudul “Tha Nation as Imagines Community” (2001) mengartikan bangsa sebagai komunitas politik yang dibayangkan dalam wilayah yang jelas batasnya dan berdaulat. Definisi Benedict Anderson lebih menekankan pada faktor subjektif seperti sikap, persepsi, dan sentimen.

Pengertian Bangsa Menurut Lothrop Stoddard
Bangsa atau nation atau natie adalah suatu kepercayaan yang dimiliki oleh sejumlah orang yang cukup banyak, bahwa mereka merupakan suatu bangsa, Ia merupakan suatu persamaan memiliki secara bersama sebagai suatu bangsa.

Pengertian Bangsa Menurut Ir. Soekarna
Bangsa adalah segerombolan manusia yang besar, keras, ia mempunyai keinginan bersatu (le desir detre ensemble), mempunyai persamaan watak (character gemeinshaft), tetapi yang hidup di atas satu wilayah yang nyata satu unit.

Pengertian Bangsa Menurut Guibernau

Bangsa adalah negara kebangsaan memiliki unsur-unsur penting pengikat, yaitu: psikologi (sekelompok manusia yang memiliki kesadaran bersama untuk membentuk satu kesatuan masyarakat adanya kehendak untuk hidup bersama), kebudayaan (merasa menjadi satu bagian dari suatu kebudayaan bersama), teritorial (batas wilayah atau tanah air), sejarah dan masa depan (merasa memiliki sejarah dan perjuangan masa depan yang sama), dan politik (memiliki hak untuk menjalankan pemerintahan sendiri).

Pengertian Bangsa Menurut Clifford Geertz

Clifford Geertz adalah seorang Antropologi kelahiran Amerika Serikat (1926) dan merupakan seorang Profesor emeritus di Universitas Princeton hingga meninggal (2006). Fokus pembahasan sebenarnya dari Clifford Geertz adalah tentang kebudayaan dan etos budaya. Dalam pembahasan tersebut, Clifford Geertz mengatakan bahwa etos budaya adalah sifat, watak, dan kualitas, kehidupan sekelompok masyarakat atau bangsa. Singkatnya, Clifford Geertz mendefinisikan bangsa sebagai sekelompok manusia yang memiliki etos budaya yang sama. Akan tetapi dengan konsep kebudayaan yang Clifford Geertz bawakan, jadi bukan kebudayaan dalam arti sempit.

Pengertian Bangsa Menurut Friedrich Ratzel

Friedrich Ratzel adalah seorang Etnografi dan Geografer kelahiran Jerman (1844). Menurut Ratzel, bangsa terbentuk karena adanya hasrat bersatu. Hasrat atau keinginan tersebut muncul karena adanya perasaan kesatuan antara manusia dan lingkungan tempat tinggalnya (Lebensraum living space).

Pengertian Bangsa Menurut Joseph Stalin

Pendapat Bangsa menurut Joseph Stalin adalah Suatu bangsa terbentuk secara historis, merupakan komunitas rakyat yang stabil yang terbentuk atas dasar kesamaan bahasa, wilayah, ekonomi, serta perasaan psikologis yang terwujud dalam budaya bersama.

Pengertian Bangsa Menurut Anthony D. Smith

Menurut Anthony Smith, bangsa merupakan suatu komunitas manusia yang memiliki nama, menguasai suatu tanah air, memiliki mitos-mitos dan sejarah bersama, budaya politik bersama, perekonomian tunggal dan hal serta kewajiban bersama bagi semua anggotanya.


Pengertian Bangsa Menurut Lothrop Stoddard

Menurut Lothrop Stoddard merupakan suatu kepercayaan yang dimiliki oleh sejumlah orang yang cukup banyak, bahwa mereka merupakan suatu bangsa.


Pengertian Bangsa Menurut Ki Bagoes Hadikoesoemo

Menurut Ki Bagoes Hadikoesoemo bangsa merupakan bersatunya orang dengan tempat ia berada, persatuan antara orang dengan wilayah.


Pengertian Bangsa Menurut Rawink

Bangsa menurut Rawink merupakan sekumpulan dari manusia yang bersatu padu atas sebuah wilayah dan juga memiliki keterikatan terhadap wilayah tersebut, bagi kumpulan manusia tersebut, batas teritorial tertentu adalah hal yang paling penting dapat dilihat dari letaknya dalam geografis atas wilayah tertentu.


Pengertian Bangsa Menurut Rudolf Kjellen

Bangsa menurut Rudolf merupakan sebuah analisis atau analogi yang membandingkan antara bangsa dan suatu organisme biotik dengan cara menyemakan dari jiwa bangsa berdasarkan nafsu hidup organisme tersebut. Maka hasilnya akan terciptalah satu bangsa memiliki dorongan terhadap kehendaknya untuk hidup, bertahan, serta untuk bertindak sesuka hati mereka “berkuasa”.


Pengertian Bangsa Menurut KBBI

Bangsa merupakan sekelompok individu yang tinggal di dalam sebuah ikatan batin dan dipersatukan karena sama-sama mempunyai persamaan sumber sejarah serta cita-cita.

Pengertian Bangsa Menurut Wikipedia

Bangsa ialah suatu kelompok manusia yang dianggap nasional memiliki identitas bersama dan mempunyai kesamaan bahasa, agama, ideologi, budaya dan sejarah. Mereka umumnya dianggap memiliki asal-usul keturunan yang sama.

Comments

Popular posts from this blog

Pengertian Bangsa Secara Politis, Sosiologis dan Antropologis Serta Contohnya

3 Sifat Negara (Memaksa, Monopoli & Mencangkup Semua) Pengertian dan Contohnya Lengkap