5 Unsur Pokok Pembentuk Bangsa dan Penjelasannya Lengkap

Istilah bangsa merupakan terjemahan dari kata Nation (bahasa Inggris). Sementara itu, kata Nation berasal dari bahasa Laltin natio yang artinya sesuatu telah lahir. Kata itu bermaksa keturunan, kelompok orang yang berada dalam satu garis keturunan. Seiring perkembangan zaman, maka pengertian bangsa juga mengalami perkembangan. Pada awalnya bangsa hanya diartikan sekelompok orang yang diliharikan pada tempat yang sama.
5 Unsur Pokok Pembentuk Bangsa dan Penjelasannya Lengkap
Dari sudut pandang tanah air, Nation dalam bahasa Indonesia, diistilahkan bangsa, yaitu orang-orang yang bersatu karena kesamaan keturunan. Sebaliknya, dalam arti bahasa Inggris dapat dicontohkan seperti wangsatrah (Jawa), dan marga (Batak), misalnya wangsa Syailendra, trah Mangkunegara, marga Sembiring. Mereka menjadi satu bangsa karena berasal dari keturunan yang sama.

Dari uraian definisi dan asal kata bangsa di atas, maka kita ambil kesimpulan mengenai pengertian bangsa secara umum, yaitu sebagai berikut.
Bangsa adalah kelompok masyarakat yang diwujudkan bentuknya oleh sejarah yang memiliki unsur yaitu adanya kesatuan bahasa, daerah, ekonomi, dan satu kesatuan jiwa serta unsur-unsur tersebut terlukis dalam kesatuan budaya.

Benedict Anderson dalam bukunya “The Nation as Imagines Community” (2001) mengartikan bangsa sebagai komunitas politik yang dibayangkan dalam wilayah yang jelas batasnya dan berdaulat. Definisi Benedict Anderson lebih menekankan pada faktor subjektif dimana menekankan pada faktor-faktor subjektif seperti sikap, persepsi, dan sentimen. Secara garis besar, ada tiga unsur pokok dari pengertian itu, yaitu sebagai berikut.
1. Komunitas Politik yang dibayangkan
Anggota dari bangsa yang paling kecil sekalipun tidak saling kenal. Meskipun demikian, para anggota bangsa itu selalu memandang satu sama lain sebagai saudara sebangsa dan setanah air. Perasaan sebangsa inilah yang menyebabkan banyak anggotanya rela mati bagi komunitas yang dibayangkan itu.
2. Mempunyai Batas Wilayah yang jelas
Bangsa dibayangkan sebagai sesuatu yang pada hakikatnya bersifat terbatas. Mengapa? Karena bangsa-bangsa yang paling besar sekalipun yang penduduknya ratusan juta jiwa mempunyai batas wilayah yang relatif jelas. Di luar perbatasan itu adalah bangsa-bangsa lain.
3. Berdaulat
Bangsa dibayangkan sebagai berdaulat. Ini karena sebuah bangsa berada di bawah suatu negara yang mempunyai kekuasaan atas seluruh wilayah dan bangsa tersebut.

Dari berbagai pengertian di atas, dapat diuraikan bahwa unsur pembentuk bangsa antara lain:
 Ada sekelompok manusia yang mempunyai kemauan untuk bersatu.
 Berada dalam suatu wilayah tertentu.
 Ada kehendak untuk membentuk atau berada di bawah pemerintahan yang dibuatnya sendiri.
 Secara psikologis merasa senasib, sepenanggungan, setujuan, dan secita-cita.
 Ada kesamaan karakter, identitas, budaya, bahasa, dan lain-lain sehingga dapat dibedakan dengan bangsa lainnya.

Dari unsur-unsur pembentuk bangsa tersebut, dapat disimpulkan bahwa bangsa merupakan sekelompok manusia yang berada dalam suatu wilayah tertentu yang mempunyai karakter, identitas atau budaya yang khas, dan bersatu. Selain itu mereka tunduk pula pada aturan tertentu karena persamaan nasib, tujuan atau cita-cita. Pengertian bangsa dan pengertian negara adalah dua hal yang berbeda karena keduanya memiliki unsur-unsur pembentuk yang berbeda.

Comments

Popular posts from this blog

Pengertian Bangsa Secara Politis, Sosiologis dan Antropologis Serta Contohnya

3 Sifat Negara (Memaksa, Monopoli & Mencangkup Semua) Pengertian dan Contohnya Lengkap